5 Menit Manajemen Stress

Tumpas Stres Dalam 5 Menit
Tidak hanya singkat, meditasi 5 menit juga dapat dilakukan di mana saja.

Stres dapat melanda siapa saja tannpa mengenal waktu.

Mona Indriyani | Selasa, 10 April 2012, 04:58 WIB

VIVAnews – Rasa stres bisa datang kapan saja. Merundung siapa saja tanpa pandang bulu. Dan lazimnya disebabkan oleh tekanan atau sejumlah masalah yang urung dituntaskan seperti trauma masa lalu, pekerjaan yang mengunung dan sejumlah soal lain. Stres juga bisa diletupkan oleh kemacetan di jalanan dan patah hati dikecewakan kekasih.

Jika tak pandai-pandai menghadapinya, bukan hanya aktivitas Anda yang akan terganggu tetapi juga hubungan sosial Anda dengan relasi juga bakal terhambat. Berikut ini  sejumlah trik yang bisa digunakan untuk menghilang stres. Efektif dan singkat, cuma 5 menit.

1. Gunakan waktu 2 menit Anda untuk duduk dan mengambil napas dalam-dalam dan membuangnya secara perlahan. Teknik ini dapat Anda lakukan di mana saja, bahkan saat situasi macet atau sedang menunggu kereta.

2. Manfaatkan waktu 30 detik Anda untuk memikirkan orang-orang di sekitar Anda. Bayangkan apa yang akan terjadi jika mereka terkena dampak dari stres yang Anda alami. Pemikiran ini akan membantu Anda melepaskan ketegangan dalam diri secara perlahan.

3. Tahap selanjutnya adalah sesi meditasi selama 2 menit. Lakukan hitungan mulai angka 1 hingga 10 secara rileks. Jangan paksakan diri Anda untuk berada dalam keadaan relaksasi, ikuti alur pikiran Anda secara perlahan.

4. Untuk 30 detik terakhir, jangan biarkan diri Anda hanya terfokus pada pernapasan saja. Tetapi cobalah untuk fokus pada masalah yang sedang Anda hadapi.

© VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s