8 jurus untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda

Ini adalah e-mail dari (Ciputra Entrepreneurship – Being A Successeful Entrepreneur) dikirim oleh arya (travel_consultant@ymail.com). Semoga link berikut menarik bagi Anda: http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/14385-8-kiat-membangun-kepercayaan-diri.html

8 Kiat Membangun Kepercayaan Diri

Selasa, 14 Februari 2012 10:15

Sebagai salah satu modal mental yang wajib diperlukan entrepreneur, percaya diri bisa membantu pelaku usaha mengarungi dunia bisnis yang penuh liku. Bagi sebagian besar orang, kurangnya kepercayaan diri kerap menjadi kendala ketika ingin melangkahkan kaki ke dunia bisnis sehingga seiring perjalanannya, kepercayaan diri itu memengaruhi perkembangan serta pertumbuhan bisnisnya.

 

Berikut 8 kiat untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda

 

1. Pikirkan apa yang Anda kuasai dan tidak lalu jabarkan dalam jurnal pribadi Anda. Fokus pada kekuatan yang Anda miliki untuk mengubahnya. Evaluasi lingkungan sekitar Anda, lingkungan kerja serta relasi untuk mencari tahu apa yang membuat Anda merasa kurang percaya diri dan fokus sesuatu yang bisa Anda ubah. Bila hal itu di luar jangkauan Anda, pelajarilah.

 

2. Bila ada seseorang atau situasi yang membuat Anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri, evaluasi kembali keberadaan mereka di dalam jadwal serta kehidupan Anda secara umum. Perbanyak aktivitas serta jalin relasi yang bisa membawa pengaruh positif bagi Anda.

 

3. Ingatlah, Anda hanya dapat melakukan yang terbaik. Ketika sesuatu hal yang buruk terjadi, misalnya kegagalan, jangan salahkan diri sendiri. Alih-alih melakukan hal itu, lebih baik menarik nafas dan rencanakan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.

 

4. Olahraga bisa membantu melepas ketegangan yang menyelimuti pikiran Anda ketika merasa tertekan, terutama oleh pekerjaan yang berat. Olahraga cukup mampu membuat Anda lebih rileks dan fresh sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri.

 

5. Luangkan waktu untuk bersenang-senang dengan sanak keluarga dan teman-teman. Melakukan hal yang menyenangkan bersama dengan orang terkasih merupakan cara meningkatkan kepercayaan diri sehingga siap menghadapi hari-hari panjang yang membutuhkan energi dan pikiran lebih.

 

6. Kenali sumber penyebab yang membuat Anda merasa tertekan. Apakah Anda bekerja terlalu keras? Apakah Anda memiliki kegiatan yang sangat banyak? Dibanding menambah panjang daftar pekerjaan Anda, ada baiknya seimbangkan waktu bekerja dengan liburan Anda.

 

7. Cari hobi baru. Hal baru yang positif sangat baik bagi otak dan jiwa. Memberi Anda perspektif yang fresh, melakukan hobi baru juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam meraih sesuatu.

 

8. Susun target yang masuk akal. Dengan membuat target yang masuk akal dan tidak berlebihan, Anda akan memiliki percaya diri dalam meraihnya. Ketika target itu benar-benar tercapai, luangkan waktu untuk mempelajari apa yang telah Anda raih tersebut. Memahami keberhasilan diri sendiri bisa menciptakan perilaku positif yang berdampak pada kepercayaan diri. (*/ely

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s