Selamat Hari Raya Kuningan

Dalam kitab tattwa Jnyana dinyatakan kalau Guna Sattwam dan Guna Rajas sama kuat menguasai pikiran, maka Guna Sattwam akan membuat orang berniat baik, sedangkan Guna Rajah mendorong orang untuk berbuat baik.

Menurut lontar Sunarigama, banten Kuningan harus dipersembahkan pada pagi hari dan tidak boleh lewat tengah hari. Pagi hari adalah waktu yang tergolong Satwika Kala dan siangnya waktu tergolong Rajasika Kala. Kitab Bhagawad Gita menyatakan bahwa anugerah atau pemberian suci atau dana itu hendaknya diterima saat waktu Satwika seperti pagi atau saat matahari sedang utarayana. Karena itu waranugraha Hyang Widhi kepada umat-Nya diberikan saat pagi waktu Satwika sebelum tengah hari. Mereka yang mampu menyatukan kekuatan Guna Sattwam dan Guna Rajah sebagai alat Sang Hyang Atma yang akan mendapatkan kehidupan yang penuh berkah atau waranugraha.

Waktu sore setelah matahari condong ke barat termasuk Tamasika Kala. Ini berarti kekuatan Sattwam, Rajah dan Tamas seimbang. Menurut ketentuan Tattwa Jnyana maupun Wrehaspati Tattwa, kalau Sattwam, Rajah dan Tamah kekuatannya seimbang maka Atman akan mengalami Samsara artinya Atman akan mengalami penjelmaan berulang-ulang. Mereka yang masih dikuasai oleh Tri Guna belum berhak mendapatkan waranugraha berupa kehidupan yang aman dan sejahtera di dunia sekala dan sorga di dunia niskala. Mereka harus berjuang kembali menguasai Tri Gunanya agar Guna Sattwam yang mendominasi Guna Rajah dan Tamah dalam kehidupan di dunia ini.

Hari raya Kuningan adalah lambang Hyang Widhi melimpahkan karunia-Nya pada umat yang telah berhasil menegakkan Dharma di bhuwana agung dan bhuwana alit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s