Mandala Air bersiap terbang lagi

Selasa, 07 Februari 2012 19:22 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiger Airways Holding Limited (Tiger Airways) mengumumkan kepemilikan 33% sahamnya di PT Mandala Airlines (Mandala) Indonesia. Investasi Tiger Airways di Mandala akan dikelola melalui anak perusahaan Tiger Airways di Singapura, Roar Aviation Pte. Ltd.

CEO Tiger Airways Holding Limited, Chin Yau Seng, mengatakan Mandala merupakan usaha bersama pertama bagi Tiger Airways. Kerja sama itu merupakan sebuah langkah signifikan dalam usaha memperluas bisnis di industri penerbangan.

Mitra pendiri Saratoga Group Sandiaga Uno menerangkan kembali beroperasinya Mandala menjawab keinginan pasar.

“Kami sangat senang dengan diselesaikannya investasi ini oleh partner kami. Kami bangga bisa membantu menghidupkan kembali Mandala, sebuah ikon Indonesia yang dicintai, terbang lagi di angkasa Indonesia.” paparnya.

Saat ini, Mandala telah melewati sebuah proses restrukturisasi finansial sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Pemilik saham terbesar di Mandala pasca restrukturisasi adalah Grup Saratoga dengan 51,3% saham. Sedangkan, pemilik saham sebelumnya serta kreditor Mandala masih memiliki 15,7%.

Langkah berikutnya adalah mengaktivasikan kembali Air Operator Certificate (AOC) milik Mandala yang dibekukan sejak pemberhentian operasinya pada Januari 2011.

AOC itu rencananya akan diaktifkan kembali pada Februari 2012. Setelah itu, penjualan tiket akan dimulai dan penerbangan akan dimulai kembali pada April 2012.

Mandala akan mengadopsi model bisnis Tiger Airways. Rencananya akan menawarkan tiket perjalanan tarif murah ke tujuan domestik serta internasional di dalam radius terbang 5 jam.

Seperti halnya maskapai penerbangan grup Tiger Airways lainnya, Mandala akan mengoperasikan pesawat Airbus A320. Informasi selanjutnya mengenai jumlah pesawat, rute awal dan destinasi-destinasinya akan diumumkan setelah persetujuan diberikan oleh regulator dan pihak yang berwenang.(MI/DSY)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s