Metode “6 Thinking Hats” cara berfikir paralel

Metode “6 Thinking Hats”

Minggu, 05 Februari 2012 10:50

Metode “6 thinking hats” yang juga dikenal sebagai cara berpikir paralel, merupakan sebuah pendekatan terhadap dihasilkannya ide dan keputusan, yang memungkinkan sekelompok orang untuk secara maksimal mengeksplorasi semua sisi permasalahan.

Metode ini berdasarkan pada premis bahwa pikiran memiliki modus berpikir yang berbeda dan bahwa saat Anda dilibatkan dalam satu modus, Anda menjadi tidak peka dan cenderung menyerah pada rangsangan yang lebih baik dipasangkan dengan salah satu modus lainnya. Rangsangan yang tidak serasi ini menimbulkan kebingungan dan peluang yang meleset dan sering berupa hasil anggota tim lain yang berbalik pada modeus berpikir yang mereka rasakan paling nyaman.

 

Cara berpikir parael meminimalkan kebingungan dan menghilangkan ego dari proses curah gagasan. Tak seperti diskusi grup tradisional, cara berpikir paralel ini memungkinkan kelompok untuk saling menyimak sisi permaslahan bersamaan. Hasilnya menjadi lebih lengkap dan seimbang. Pandangan terhadap situasi yang dihjadapi juga lebih seimbang, di mana solusi terbaik sering menjadi nyata dan jelas di mata setiap orang tanpa merasa ego mereka tersakiti.

 

“Topi” yang berwarna hanyalah sebuah metafora atau pengandaian. Semua “topi” ini berguna sebagai pengingat modus terkini dari pemikiran yang kelompok Anda sedang coba eksplorasi.

Topi putih: Objektif, berpegang teguh pada fakta

Topi merah: Emosional, intuitif

Topi hitam: Waspada, selalu menentang/berpikir yang negatif

Topi kuning: Optimistis, melihat sisi baik

Topi hijau: Kreativitas , pertumbuhan dan ide baru

Topi biru: Mengatur, berpikir tentang gagasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s