Tips Berlibur di Bangkok

6 Tips Berlibur di Bangkok, Thailand

Oleh: Sri Anindiati Nursastri – detikTravel

Selasa, 31/01/2012 15:11:39 WIB


Bangkok adalah salah satu destinasi wajib di Asia Tenggara, mengingat kotanya yang eksotis dan kaya budaya. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan jika Anda ingin mengeksplor ibukota Thailand ini dengan aman dan nyaman.

Bangkok identik dengan kota budaya. Kuil-kuilnya mewakili seni arsitektur yang luhur, serta ragam kulinernya terkenal di seluruh dunia. Bangkok adalah tempat di mana Anda bisa menikmati cantiknya kuil-kuil yang bersanding dengan gedung-gedung modern, pasar tradisional yang menyatu dengan mal-mal kelas atas, serta tenggelam dalam perbincangan dengan masyarakat lokal yang ramah.

Ada banyak cara untuk menikmati kota pinggir sungai ini. Namun, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika menjelajahi kota ini. Berikut 6 tips dari pemkot setempat, Bangkok Metropolitan Administration, untuk Anda yang berlibur ke Kota Bangkok:

1. Buatlah rencana perjalanan sesimpel mungkin

Bangkok memang memiliki banyak destinasi seperti Grand Palace, Khao San Road, juga Siam Square dan Chatucak Weekend Market. Namun, jangan terburu-buru. Pastikan Anda mendapat cukup waktu untuk menjelajahi tempat demi tempat dengan rencana perjalanan yang sederhana.

2. Simpan rencana perjalanan hanya untuk diri Anda

Simpan dan ingat baik-baik rencana perjalanan Anda, termasuk hal-hal seperti akomodasi. Jangan umbar rencana perjalanan atau tempat menginap kepada orang asing kecuali teman dekat atau partner traveling Anda. Langkah ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

3. Rencanakan hanya satu agenda besar dalam satu hari

Jika Anda merencanakan sebuah agenda besar, walking tour misalnya, cukup satu saja dalam sehari. Misalnya, Anda bisa melakukan walking tour mulai dari Khao San Road, Little India, dan berakhir di Chinatown. Hal ini dibutuhkan untuk mengefektifkan waktu, dan Anda bisa mengeksplor bagian-bagian Kota Bangkok lainnya.

Menggabungkan walking tour di Khao San dengan jelajah pasar di Chatuchak misalnya, jelas bukan pilihan tepat karena masing-masing membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bisa-bisa, Anda malah keteteran dan tempat yang dituju tak bisa dinikmati dengan baik.

4. Banyak rehat jika berkeliling Bangkok dengan mobil

Sebagian orang berlibur di Bangkok dengan menyewa mobil. Namun, siap-siaplah dengan kondisi jalanan yang terkadang macet, dan butuh waktu untuk terbiasa dengan seluk beluk jalanan di Bangkok. Akibatnya, Anda bisa kelelahan dan waktu Anda habis di jalanan.

Pemkot Bangkok menyarankan Anda untuk sering-sering berhenti dan beristirahat. Tipsnya, rencanakan tempat tujuan yang tidak terlalu berjauhan. Anda tidak perlu menyetir terlalu lama di jalanan Kota Bangkok dan tetap bisa menikmati suasana.

5. Bawalah satu kantong khusus makanan ringan dan minuman

Menjelajahi Kota Bangkok tentunya akan menguras tenaga. Selain mencoba berbagai makanan di jalanan kota, ada baiknya Anda juga membawa persediaan makanan ringan dan minuman. Hal ini dibutuhkan jika sewaktu-waktu Anda merasa lemas atau lapar.

6. Pakailah topi dan krim tabir surya

Cuaca Bangkok yang cenderung panas akan membuat kulit Anda terbakar. Pakailah topi agar menghindari kontak sinar matahari langsung ke mata, serta pakailah krim tabir surya agar kulit tidak mudah terbakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s