Tips Networking Sukses

Langkah Jitu Networking Yang Sukses

Kesuksesan seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh faktor koneksi kerja atau networking. Dengan memperluas lingkaran networking Anda, maka kesempatan kerja maupun kesuksesan lebih mudah diraih.

Menyikapi hal ini, banyak orang merasa kesulitan dalam melakukannya, dikarenakan rasa tidak percaya diri atau tidak tahu teknik yang tepat. Menurut situs SheKnows, networking hampir sama dengan proses kencan. Layaknya berkencan, networking membutuhkan sebuah rencana. Menentukan tujuan bisa dilakukan berdasarkan tujuh langkah berikut ini.

1. Tujuan yang Spesifik & Jelas
Anda perlu pekerjaan baru, klien lebih banyak atau memperluas bisnis? Hal ini kurang jelas sifatnya. Tentukan dengan spesifik apa yang sebenarnya ingin Anda capai. Ingin pekerjaan baru di bidang apa, perusahaan apa dan sistem kerja seperti apa dengan range gaji berapa. Hal ini akan mempermudah orang lain untuk membantu Anda.

2. Rancang Lingkup Koneksi Anda
Mungkin hal ini terdengar sulit dan lama, namun membagi orang berdasarkan tujuan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan bisnis. Tetapkan networking Anda berdasarkan bulanan, tahunan hingga dua hingga lima tahunan (masa depan).

Contoh: Koneksi jangka pendek berarti menelpon teman untuk makan siang, minum kopi bersama dan membahas perkembangan bisnis terbaru. Jangka panjang berarti menentukan orang-orang di lingkup usaha Anda, entah itu kompetitor, mitra usaha, dan komunitas bisnis yang bisa memperkaya pengetahuan Anda.

Jangka masa depan berarti memperluas lingkup bisnis yang sudah diperkuat seperti mencari koneksi usaha di area yang skalanya lebih besar seperti luar kota/negeri, mencari supplier baru, hingga memanfaatkan promosi di area yang belum terpikirkan sebelumnya.

3. Realistis
Pastikan tujuan networking Anda realistis sesuai dengan rentang waktu yang telah ditentukan (poin 2). Tujuan akan berjalan mulus jika Anda fokus dan terus termotivasi. Jadi pastikan tujuan awal Anda tidak muluk-muluk dan simpel.

4. Selalu Update Koneksi Anda
Memiliki koneksi banyak akan percuma jika Anda tidak melakukan apa-apa dengannya. Hubungilah mereka secara rutin dan biarkan mereka terus ingat pada Anda. Dalam permainan The Sims, hal ini juga selalu diingatkan jika Anda ingin sukses, jangan pernah sampai orang lupa akan diri Anda. Tetap update dengan perkembangan mereka dan juga sebaliknya. Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang bisa menolong Anda.

5. Bersenang-senang
Terkadang, seseorang terlalu serius dan menetapkan tujuan yang terlalu besar sehingga sulit untuk bangkit saat menemui kebuntuan. Bersenang-senanglah. Datang ke setiap acara layaknya Anda mendatangi pesta yang diadakan sahabat akan terasa lebih menyenangkan ketimbang menganggap hal tersebut hanyalah pekerjaan yang harus dilakoni sebagai rutinitas.

6. Evaluasi Diri
Coba evaluasi kembali tujuan yang telah Anda tetapkan. Lakukan perubahan dan penyesuaian jika diperlukan. Meskipun networking berarti berkenalan, bukan berarti Anda tidak perlu mencatatnya. Pindahkan ke jurnal kerja Anda, siapa saja yang telah Anda temui setiap hari. Hal ini memudahkan untuk terkoneksi dan membentuk tujuan baru.

7. Periksa Modal Anda
Bahkan untuk berkencan sekalipun Anda perlu uang. Networking membutuhkan modal untuk membawa klien potensial minum kopi atau makan siang. Dalam skala yang lebih besar, mungkin aktivitas Anda ini dibiayai oleh kantor, namun jika Anda bekerja secara independen, mungkin Anda memerlukan bantuan tenaga akuntan untuk mencatat segala pengeluaran.

sumber: wolipop.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s