Jumping Jack tuk bakar lemak

Jumping Jack, Latihan Menyenangkan Untuk Membakar Lemak

by DuniaFitnes.com on Jan 20, 2012 • 2:20 pm

Tweet Follow @dennysantoso

Bersepeda, berlari dan berenang merupakan contoh latihan yang melibatkan hampir semua otot utama, sehingga dapat memacu kerja jantung dan meningkatkan pembakaran kalori. Namun tidak semua orang bisa meluangkan waktu melakukan latihan ini, sehingga mereka cenderung meniggalkan kebiasaan baik ini.

Hal seperti ini seharusnya tidak terjadi, jika Anda menemukan latihan pengganti yang yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan dan tidak menyita waktu Anda, yaitu latihan jumping jack.

Sama halnya dengan latihan aerobik lainnya, latihan jumping jack juga dapat meningkatkan detak jantung Anda, meningkatkan aliran darah dan menyalurkan oksigen lebih banyak dalam darah menuju otot. Seiring meningkatnya detak jantung saat jumping jack, pembakaran kalori pun akan meningkat yang berujung pada pembakaran lemak tubuh yang lebih efisien.

Latihan jumping jack merupakan latihan yang berbasis pada full body workout, yaitu latihan yang melibatkan otot-otot besar tubuh untuk tetap aktif bergerak selama latihan. Otot tubuh yang aktif bergerak saat latihan jumping jack antara lain, otot kaki, otot perut, dan otot lengan. Untuk melatih lebih banyak otot, Anda bisa menambahkan intensitas pada latihan ini dengan cara menambahkan squat saat Anda turun dari lompatan. Dengan cara ini, akan lebih banyak otot yang terlatih seperti, otot pinggang, paha, dan punggung, sekaligus meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Melakukan jumping jack juga merangsang tubuh untuk melakukan reaksi kimia, yaitu dengan melepaskan hormon endorfin yang berguna untuk memberikan perasaan tenang dan puas yang dapat meredakan stres, sekaligus mengurangi rasa sakit usai latihan. Selain itu, pernapasan dalam yang Anda lakukan selama latihan, juga efektif untuk mempertajam fokus dan energi Anda. Untuk meredakan stress dengan latihan jumping jack, lakukan latihan ini setidaknya selama 20 menit. Jika Anda tidak mampu melakukannya terus menerus, iringi dengan gerakan jalan di tempat atau jogging di tempat.

Untuk pembakaran lemak lebih maksimal, Anda juga bisa melakukan latihan jumping jack dalam intensitas tinggi. Caranya, lakukan jumping jack selama 1 menit untuk meningkatkan detak jantung Anda, kemudian istirahat selama 1 menit. Selanjutnya, untuk meningkatkan pembakaran lemak Anda, lakukan jalan cepat selama 5 menit lanjutkan dengan jumping jack 1 menit, kembali jalan cepat 5 menit dan seterusnya. Untuk pembakaran lemak lebih maksimal, ulangi rotasi ini selama 20-30 menit.

Nah, sekarang Anda tidak butuh banyak waktu untuk berolahraga bukan? Bahkan dengan melakukan latihan singkat seperti jumping jack, Anda masih bisa membakar lemak di tengah kesibukan Anda. Selamat berlatih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s