Bank Mandiri dan BCA Resmikan Interkoneksi ATM

Bank Mandiri dan BCA Resmikan Interkoneksi ATM, Senin

14 Januari 2012 06:52 WIB

JAKARTA–MICOM: Dua bank terbesar di Indonesia akan meresmikan interkoneksi ATM-nya setelah nota kesepahaman ditandatangani pada Oktoberlalu, pada Senin (16/1).

Langkah tersebut menandai awal keinginan BI untuk menyambungkan sistem pembayaran Indonesia menjadi satu dalam national payment gateway (NPG).

Peresmian tersebut dinyatakan Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja sebagai bagian dari pelayanan bank untuk kemudahan nasabah. Sebelumnya, nasabah BCA dan Bank Mandiri tidak terhubung langsung sehingga transaksi membutuhkan waktu lama dan biaya besar.

Kini, dengan kerja sama baru, nasabah Bank Mandiri dapat bertransaksi di 8.400 jaringan ATM BCA dan 22.000 jaringan ATM Prima. Sebaliknya, BCA bersama 48 bank lainnya yang tergabung dalam jaringan ATM Prima dapat memanfaatkan sekitar 8.900 ATM Bank Mandiri.

Dengan kerja sama ini, Jahja mengatakan, setiap transaksi akan dikenakan potongan sama seperti interkoneksi dengan bank lainnya, yakni hanya Rp5.000 per transaksi. Selain itu, yang perlu diperhatikan nasabah juga sama seperti pada transaksi biasa di ATM. “Seperti biasa, PIN tidak boleh diberitahukan ke orang lain,” ujarnyasambil bercanda ketika dihubungi Media Indonesia.

Jahja sebelumnya menyatakan dukungannya pada pengembangan NPG. “Demi kepentingan nasional, khususnya nasabah, instrumen pembayaran harus terintegrasi atau diperkuat jaringan sistem pembayaran,” katanya.

Ditemui terpisah, Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri Pahala N Mansury tak bersedia bicara banyak mengenai kerja sama tersebut. Demikian pula jajaran direksi Bank Mandiri lainnya yang dihubungi Media Indonesia. Juru bicara BI Difi A Johansyah juga menolak berkomentar lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s