Raih Pendapatan dari E-book

Raih Pendapatan dari E-book

Selasa, 06 Desember 2011 09:02

Anda punya impian. Impian ketenaran, karier di bidang penulisan, dan kekayaan berlimpah. Anda yakin bahwa menulis e-book akan membuat Anda lebih sejahtera dalam hal finansial.

Menerbitkan sebuah e-book ialah bentuk lain memasarkan diri Anda dalam bentuk tulisan. Sebuah ebook ialah cara mudah untuk mendapatkan pembaca dan mengokohkan reputasi sebagai seorang pakar dan bisa juga dijadikan sumber pemasukan ekstra bagi para entrepreneur yang sedang giat berusaha. Bagaimana Anda melompat dari penulis e-book menuju seorang penulis terlaris?

Menulis e-book
Fokus pertama Anda ialah pekerjaan itu sendiri. Anda pertama-tama harus memiliki topik tulisan yang telah diketahui dan dikuasai dengan baik, sesuatu yang Anda bisa bahas dengan mendalam dan rinci dengan orang lain. Jika Anda belum menemukannya, Anda bisa lakukan riset kecil dengan membaca sebanyak mungkin dan berdiskusi dengan orang-orang baru sesering mungkin. E-book Anda perlu dibuat sedemikian rupa agar mampu:

1. Menjelaskan ide secara jelas kepada para pembaca
2. Menambahkan sesuatu yang baru pada pembahasan
3. Nampak sesempurna mungkin (untuk itu perlu diedit dengan seksama)

E-book Anda seharusnya mampu menarik perhatian orang dengan pembahasan topiknya tetapi ide-ide yang termuat dalam halamannya tidak akan bermakna jika pembaca Anda tidak dapat memahami apa yang sedang Anda bahas, atau tidak tahu bagaimana menerapkannya dalam kenyataan. Misalnya bahasa yang ringkas dan bebas jargon akan membuat pembaca lebih mudah memahami pembahasan e-book. Anda juga harus pastikan bahwa Anda bisa tambahkan sesuatu yang baru ke dalam topik yang dibicarakan, apakah itu suatu cara baru dalam memandang sebuah subjek atau penggunaan baru informasi yang sudah ada. Misalnya, jika Anda pakar dalam ceruk/ bidang bahan kain organik dan sebagian besar subjek dalam pembahasan berkenaan dengan bagaimana membuat pakaian yang bergaya dengan bahan itu, Anda bisa memilih untuk menulis tentang bagaimana kesinambungannya dan dunia fashion berinteraksi atau bagaimana bahan kain organik bisa digunakan untuk membuat bantalan sofa.

Sebelum Anda menerbitkan e-book, pastikan bahwa tulisan Anda telah diperiksa ejaan dan tata bahasanya dengan seksama. Ini berarti semua aspek seperti tata bahasa, tanda baca dan ejaan, yang bisa menentukan kualitas e-book secara keseluruhan. Sebagai penulis Anda juga perlu mendapatkan masukan dari pembaca sekunder. Minta teman, keluarga, atau rekan kerja untuk membaca e-book Anda. Pilihlah pembaca yang akan bersikap jujur dan mengatakan bahwa buku Anda dipenuhi dengan kalimat yang panjang dan membingungkan, atau bab kedua Anda terkesan agak pendek. Anda ingin nama Anda diasosiasikan dengan konten yang berkualitas.

Memasarkan e-book
Setelah Anda menerbitkan e-book sendiri, Anda perlu untuk memasarkannya. Karya Anda akan tersedia secara online sehingga manfaatkanlah hal tersebut. Ada begitu banyak komunitas online di luar sana dengan orang yang akan membantu, atau menawarkan nasihat, dengan cuma-cuma. Carilah forum, blog dan situs lainnya yang berfokus pada masalah e-book. Orang-orang ini akan tertarik untuk membantu Anda dan mereka akan memiliki banyak saran untuk Anda agar e-book Anda terpasarkan dengan baik. Bangun reputasi untuk Anda sendiri sebagai seorang pakar/ ahli. Anda bisa melakukan ini dalam banyak hal, dari melakukan posting di situs yang sudah disebutkan (situs yang banyak dikunjungi akan sangat membantu) hingga bekerja dengan sebuah perusahaan yang akan membantu Anda mengokohkan diri sebagai spesialis. Banyak yang akan menggunakan keahlian Anda untuk menemukan pijakan di banyak outlet media.

Anda juga tentu bisa melakukan pemasaran media sendiri. Pemasaran dalam jejaring sosial dan press release  adalah dua hal yang Anda bisa lakukan sendiri dan ini juga dua metode yang memungkinkan Anda untuk menggunakan daftar kontak terkini untuk menyebarkan kata-kata secara viral dengan berbekal tautan dan dokumen sederhana.

Menambahkan tautan dalam tanda tangan email ialah cara efisien lainnya untuk membiarkan jaringan Anda mengetahui bahwa Anda sudah menerbitkan sebuah buku dan Anda tidak pernah mengetahui berapa kali tandatangan di email Anda itu diteruskan ke orang lain.

Anda bisa melangkah lebih jauh dan menyusun  intisari e-book sebagai alat pemasaran. Menulis artikel atau membuat sebuah video singkat yang menyentuh konten e-book Anda pada dasarnya memberikan pelanggan Anda sebuah pancingan untuk mendapatkan e-book Anda. Iklan terbaik mampu meyakinkan Anda untuk menonton film baru. Pikirkan hal yang sama untuk semua konten yang Anda berikan pada pembaca.

Ini merupakan metode paling hemat biaya untuk menjual produk Anda tetapi ini bukan berarti apa-apa jika e-book Anda belum tersedia. Cobalah untuk mempublikasikan buku Anda di sebanyak mungkin situs. Pilihan yang bagus adalah Amazon, iBookStore, Smashwords dan Us. Ingatlah hak dan tanggung jawab Anda sebagai seorang penulis. Anda memiliki hak cipta terhadap karya Anda dan begitu juga yang lain. Sejumlah situs, seperti Amazon memberlakukan pemeriksaan di tempat untuk memastikan hak cipta tidak dilanggar.

Sukses itu bisa!
Sementara metode-metode ini mungkin terkesan sederhana, tapi semuanya berhasil. Seorang penulis yang tidak bisa menembus penerbit besar untuk karyanya mencoba menerbitkan sendiri bukunya dan ia kemudian berhasil menjual bukunya hingga 450 ribu kopi dalam satu bulan saja. Sementara penulis lain menulis e-book dan menjualnya hingga meraup untung mencapai setara 1 juta dollar dalam jangka waktu 5 bulan sehingga dilirik oleh sebuah surat kabar besar. Mengapa Anda tidak mengikuti jejak mereka?

Sebagai seorang penerbit Mandiri, menerbitkan karya bersamaan tidak akan terlalu membebani. Namun menyelesaikan buku tidak berarti membuat Anda otomatis berhasil. Sebagai seorang penulis yang belum dikenal, memasarkan diri membutuhkan usaha dan waktu yang cukup banyak tetapi selalu ada imbalan yang setara di akhir nanti. (*/Akhlis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s