Tips mengatasi mata lelah

From duniafitnes.com

Langkah Mudah Dan Sederhana Untuk Atasi Mata Lelah

By DuniaFitnes.com
6 December, 2011


Membaca terlalu lama dalam cahaya terlalu redup atau terlalu terang ataupun terlalu lama berada di depan layar komputer bisa mengakibatkan mata lelah. Membaca dalam kendaraan yang bergerak atau terlalu banyak menonton televisi juga bisa mengakibatkan mata lelah. Padahal, meskipun terlihat sepele, mata lelah akan sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu, jika mata Anda lelah, segeralah mengatasinya!


Stres dan Dampaknya Pada Kesehatan Mata Anda

Dengan meningkatnya tekanan akibat kesibukan di rumah maupun tempat kerja, kita sering mengalami mata lelah. Meskipun bukan penyakit yang sangat serius, gangguan mata ini tetap perlu dirawat dengan baik dan tepat waktu, agar jangan sampai merusak mata Anda sepenuhnya. Jika tidak diobati, mata lelah dapat menyebabkan penglihatan kabur atau penglihatan ganda. Stres adalah salah satu penyebab utama mata lelah. Saat stres, kecemasan yang Anda rasakan akan membuat Anda sulit memejamkan mata di malam hari, ini akan menyebabkan mata Anda terlihat lelah dan sayu. Hal ini biasanya disertai dengan rasa berat di bagian mata dan kepala.
Jaga Kesehatan Mata Dan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anda Di Sini!
Nutrisi Untuk Mata Lelah
Dalam pengobatan Cina, kesehatan mata berkaitan dengan kesehatan hati. Untuk itu, kesehatan mata harus diperhatikan dengan baik. Beberapa makanan yang bisa Anda jadikan menu sarapan seperti kacang-kacangan (walnut, kenari) ditambah dengan secangkir susu hangat dan madu kaya protein dan vitamin B1, kalsium dan fosfor yang membantu untuk memperkuat otot mata dan mengurangi kelelahan mata. Beberapa makanan dan minuman lain yang juga baik untuk mengatasi mata lelah antara lain teh bunga krisan dan dandelion kering, kedelai hitam, seledri, peppermint dan peterseli. Ini merupakan pengobatan Cina kuno untuk mendinginkan hati dan mencerahkan penglihatan.

Latihan Untuk Mata Lelah
Berikut latihan ringan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata lelah,

Pijat sudut dalam kedua alis Anda dalam gerakan melingkar menggunakan ibu jari.

Letakkan jari telunjuk Anda di antara sudut-sudut luar alis dan mata Anda. Pijat lembut dalam gerakan melingkar kecil.

Tekan dengan lembut alis Anda dari ujung dalam ke luar dengan menggunakan buku-buku jari telunjuk Anda, diikuti dengan menekan tulang pipi Anda. Ulangi beberapa kali.

Tanpa menggerakkan wajah, gerakkan mata Anda ke atas dan bawah, kiri dan kanan searah jarum jam dan kemudian berlawanan jarum jam, dalam gerakan lambat.

Letakkan telunjuk Anda sekitar 20 cm di depan hidung Anda. Coba lihat ujung jari telunjuk Anda kemudian lihat sebuah objek lain yang jauh dengan cepat. Ulangi beberapa kali.

Gosok kedua telapak tangan Anda sampai terasa hangat. Tempatkan keduanya di atas mata Anda. Rasakan kelelahan berkurang melalui sensasi rasa hangat ini.

Pijat telapak kedua kaki tepat di bawah jari-jari kaki kedua dan ketiga. Ini adalah daerah refleks mata.

Gunakan jari tengah Anda untuk memijat mata Anda mulai dari sudut bagian dalam. Pindahkan pijatan memutar ke luar dari bawah lalu ke atas dan kemudian turun ke hidung.

Mengatasi mata lelah bukanlah hal yang sulit, asalkan Anda mau meluangkan sedikit waktu untuk memanjakan indera penglihatan Anda ini. Jadi, dapatkan mata yang sehat dan indah bebas kelelahan melalui tips-tips di atas. Stay healthy!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s