Manfaat teh hijau

Selasa, 06/12/2011 11:43 WIB

Teh Hijau Cegah Rambut Beruban

Dyah Oktabriawatie : detikFood

detikcom – Jakarta, Teh hijau sangat populer karena kandungan antioksidannya. Disukai banyak orang karena aromanya segar meskipun sedikit pahit. Selain baik untuk kesehatan kulit, teh enak dibuat beragam dessert ini juga baik untuk kesehatan rambut.

Teh merupakan sumber alami zat kafein, teofilin dan antioksidan. Memiliki kadar lemak, karbohidrat dan protein yanng nilainya mendekati nol. Umumnya daun, pucuk daun dan tangkai daunnya yang sudah dikeringkan diseduh dengan air panas. Tanaman bernama Camellia Sinensis ini ada 4 jenis yaitu teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Tradisi minum teh sudah ada di Cina sejak 4000 tahun silam. Teh hijau sering digunakan untuk minuman maupun untuk pengobatan tradisional di sebagian besar Asia termasuk negara Cina, Jepang, Taiwan, Vietnam, Korea dan Thailand. Biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka, mengatur suhu tubuh dan gula darah serta melancarkan pencernaan.

Teh hijau berasal dari daun teh yang setelah dipetik langsung diproses dengan pemanasan agar daun teh mengalami proses oksidasi minimal. Teh yang sudah kering pada proses pemanasan biasanya dijual dalam bentuk lembaran daun teh atau digulung rapat berbentuk seperti bola-bola kecil (disebut gun powder) atau dikemas dalam kertas saring tipis (disebut teh celup).

Teh hijau mengandung polifenol, biotin, karotenin, tokoferol,asam askorbat dan mineral, memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mengobati penyakit kanker, kolesterol, batu ginjal, influenza, melancarkan pencernaan, mencegah katarak, dan dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Kandungan polifenol pada teh hijau diketahui dapat, menghilangkan ketombe dan memperkuat akar rambut. Selain itu bermanfaat juga untuk kesehatan kulit. Mencegah penuaan dini, mencegah jerawat, mengencangkan kulit, dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

Sedangkan kandungan biotin pada teh hijau dapat mencegah rambut rontok dan bahkan dapat membantu mencegah ubanan. Seduhlah daun teh hijau dengan air hangat. Bisa diminum langsung atau ditambah sedikit garam dan dinginkan. Larutan teh ini bisa diusapkan ke kulit kepala sambil dipijat. Jika dilakukan rutin membuat kulit kepala sehat dan mencegah ubanan dini.

Teh hijau banyak dijual di pasar swalayan dengan aneka merk dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya teh disimpan pada tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung karena akan merusak kualitas teh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s