supaya tidak pikun

Ayo, Cegah Kepikunan Sejak Dini!

Copas : Liputan6.com,
Jakarta: Demensia alzheimer atau yang lebih dikenal dengan sebutan pikun, adalah penyakit yang mempengaruhi otak. Terutama memori, kepribadian, dan perilaku seseorang di hari tuanya. Pikun pun penyakit yang paling banyak diderita oleh lanjut usia atau lansia.

Psikiater Rumah Sakit Pusat Pertamina Dr. Syahlendra W Sadjarwo menjelaskan cara mencegah kepikunan. Salah satunya dengan beraktivitas positif seperti berolahraga, bekerja, dan aktivitas lainnya yang membuat hidup menjadi happy.

“Demensia itu akan terjadi kalau kita tidak melakukan aktivitas apa-apa, baik fisik maupun pikiran. Jadi seperti diam saja tidak melakukan aktivitas apa-apa duduk-duduk saja di rumah dan pasrah terhadap situasi, maka ini akan mempercepat kita kepada demensia,” katanya di Seminar HypnoLansia, Jakarta, Sabtu (3/12).

Oleh karena itu, dirinya kembali menjelaskan, untuk mencegah kepikunan harus dimulai sejak dini atau usia produktif. “Pola pencegahannya harus dimulai dari remaja. Tapi toh misalkan sudah terlambat maka pola seperti ini (berolahraga dan beraktivitas positif) bisa mengurangi kemunduran dan memperlambat terjadinya demensia,” jelasnya.(ASW/ANS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s