Berapa Kali Popok Bayi Anda Harus Diganti?

Berapa Kali Popok Bayi Anda Harus Diganti?
(sumber : sehatnews.com)
27/09/2011 08:21:00

Mengganti popok bayi sekali pakai atau baby diapers haruslah dilakukan secara teratur karena berpengaruh terhadap kesehatan kulit bayi. Lalu berapa kali mengganti popok bayi supaya aman?

Eti (27) adalah seorang ibu baru. Ia bingung berapa kali harus mengganti popok bayinya agar masuk ke dalam zona aman. Ditambah bayinya tergolong memiliki kulit sensitif.

Neonatoligis dan Konsultan Perinatologi RS Cipto Mangunkusumo dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K) mengatakan sebetulnya sampai saat ini belum ada aturan khusus berapa kali popok bayi harus diganti.

Disamping itu, juga belum ada penelitian khusus yang mengamati pengaruh seberapa sering mengganti popok dengan kesehatan bayi.

Tapi menurut dr. Rinawati semua itu tergantung dari kondisi daerahnya. Setiap daerah memiliki iklim yang berbeda.

Di Indonesia yang memiliki iklim tropis, kulit akan mudah sekali lembab. Urin bayi yang merupakan sisa-sisa metabolisme ini akan berbahaya jika dibiarkan terlalu lama di suhu lingkungan yang lembab dan bersinggungan dengan kulit bayi yang masih sensitif.

“Kuncinya adalah kepekaan ibu memperhitungkan berapa kali bayinya pipis dalam sehari,” ujarnya.

Selain itu, kuantitas buang air kecil pada bayi akan berbeda antara siang dan malam. Biasanya bayi akan lebih sering buang air kecil saat siang hari. Bisa dikira-kira dari seberapa banyak juga bayi minum.

Untuk bayi yang kurang dari enam bulan biasanya lebih dari 20 kali. Karena itu perlu diganti sekurang-kurangnya lima kali dalam sehari.

Berbeda dengan bayi usia enam bulan lebih. karena frekuensi buang air kecilnya lebih sedikit, cukup diganti tiga sampai lima kali sehari.

Dalam semalam biasanya bayi cukup memakai satu kali popok hingga ia bangun di pagi hari.

“Tapi ingat, jangan pernah menerapkan ini pada bayi yang baru lahir karena frekuensi buang air kecilnya masih beradaptasi antara siang dan malam,” jelasnya.(tam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s